Verifikasi Data Pengisian Indikator APE 2018

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) adalah penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah daerah Provinsi dan kabupaten/kota yang dinilai telah berkomitmen dan mengimplementasikan strategi yang terkait dengan Pengarusutamaan Gender (PUG), Pemberdayaan Perempuan (PP) dan Perlindungan Anak (PA) di berbagai sektor pembangunan.

Berdasarkan perubahan peraturan Menteri Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2018 tentang Indikator Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, pada tanggal 30-31 Oktober 2018 diadakan verifikasi data pengisian indikator APE tahun 2018 sebanyak 71 indikator, yang terdiri dari :

  1. Indikator Kelembagaan PUG sebayak 45 indikator, dan
  2. Indikator Pelaksanaan PUG sebanyak 26 indikator.

Verifikasi dilakukan oleh Tim Independen Kementerian PPPA Republik Indonesia bertempat di Aula Wan Sri Beni, Kantor Gubernur Kepulauan Riau, Dompak Tanjung Pinang.

Dokumen isian indikator APE 2018 diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Batam  Ibu. Umiyati, SE kepada Ketua Tim verifikasi APE 2018 Bapak Yusup Sopiandi.

Dalam verifikasi tersebut Tim PUG Kota Batam dipimpin, oleh Walikota Batam yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan Yusfa Hendri, S.Sos, M.Si yang memaparkan secara detail isian indikator APE 2018 Pemerintah Kota Batam. Dalam verifikasi tersebut Bapak asisten didampingi oleh beberapa kepala OPD, driver PUG, Ketua Puspa Madani Kota Batam, fasilitator PUG dan PPRG Pemerintah Kota Batam serta gender champion Kota Batam. Sebelum paparan dimulai Tim Verifikasi disuguhkan dengan Video Pelaksanaan PUG di Kota Batam.

Paparan yang disampaikan asisten langsung ditanggapi oleh Tim independen Kemen PPPA. Alhamdulillah semua tanggapan Tim dapat dijawab dengan lancar oleh driver PUG Kota Batam dengan menunjukkan data dukungannya.

Pada tahun 2013 Pemerintah Kota Batam pernah mendapat anugerah kategori Madya dan Pada tahun 2018, Pemerintah Kota Batam kembali berjuang untuk meraih penghargaan APE dimaksud, dengan target kategori Utama, dibarengi usaha yang maksimal dan upaya pembenahan-pembenahan yang dilakukan secara serius semoga target tersebut dapat diwujudkan.